Kulit Pangsit Goreng

Samosa Kentang

Samosa-Kentang

Hari ini mau mencoba membuat Samosa. Samosa merupakan makanan kudapan dari India yang cukup populer.  Memang bagi lidah beberapa orang makanan India terasa tajam bumbunya, tetapi jika suka wahhhh…..sulit sekali menolak, maunya malah nambah melulu hehheee…..

Ini samosa kentang yang dalam bahasa Inggris biasa disebut Aloo Samosa.  Samosa kentang merupakan versi vegetarian.  Dan karena Samosa ini sudah aku modifikasi jadi isinya biasanya kacang polong, aku ganti buncis dan dibungkus menggunakan  kulit pangsit goreng.  Tetapi bumbunya cukup otentik kok, rasanya masih sangat India ……

Buat camilan sore sambil minum teh kelihatannya enak.  Kebetulan ini juga habis belanja kentang dan buncis jadi semua bahan ada, sekarang tinggal bikinnnnn……..

Bahan :

250 gr kulit pangsit goreng siap pakai ( beli /pesan di sini  atau WA : +62 853-4273-2879 )
Minyak, untuk menggoreng

500 gr kentang, rebus hingga matang, kupas, potong dadu
100 gr buncis, rajang ½ cm

2-3 sdm ghee, jika tidak ada dapat diganti dengan minyak goreng biasa
¼ sdt jintan halus
1 sdt ketumbar bubuk
3 butir bawang merah, cacah halus
1 siung bawang putih, cacah halus
1 sdt jahe segar, parut
1 sdt kunyit segar, haluskan
1 sdt garam masala
2 sdt air jeruk nipis
Garam secukupnya
Cabe rawit, rajang, jika suka pedas

Cara membuat :

  1. Panaskan ghee atau minyak goreng, tumis jintan hingga bergemerecik, tambahkan bawang putih.
  2. Masukkan , ketumbar bubuk, bawang merah, bawang putih, jahe, kunyit, garam masala, air jeruk nipis, dan garam.  Jika suka pedas, masukkan juga cabe rawit. Masukkan buncis tumis kurang lebih selama 2 menit.  Masukkan kentang aduk rata, masak hingga matang.  Angkat, sisihkan.
  3. Ambil 1 lembar adonan kulit pangsit , temukan kedua sisinya membentuk corong. Letakkan 1 sdm adonan isi. Bungkus membentuk segitiga, rekatkan dengan air. Ulangi proses yang sama untuk sisa bahan.
  4. Panaskan minyak goreng, goreng samosa hingga cokelat keemasan selama kurang lebih 4-5 menit. Angkat, tiriskan. Sajikan.

Garam masala adalah bubuk rempah-rempah hasil racikan masakan khas India. Dalam bahasa Hindi, garam berarti panas, dan masala berarti racikan rempah-rempah. Bisa dibeli dalam bentuk siap pakai.


Langkah-langkah cara melipat Samosa

 

 

 

 

Leave a comment